icon-search

Pengabdian Pada Masyarakat Untuk Tenun E-Boon Oleh Ratna Amalia

Pengabdian Pada Masyarakat Untuk Tenun E-Boon Oleh Ratna Amalia


Pengabdian Pada Masyarakat Untuk Tenun E-Boon Oleh Ratna Amalia


26 Apr 2022


Pada tanggal 11 Maret 2022 telah berlangsung Pengabdian Kepada Masyarakat yang ditujukan untuk merek dengan nama Tenun E-Boon. Kegiatan ini diprakarsai oleh Binus Northumbria School of Design, program studi fashion design. Tidak hanya diisi oleh pengajar dari prodi fashion design, tetapi kegiatan ini juga diikuti oleh pengajar dari prodi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Binus Bandung. Hadir sebagai pengisi materi tambahan yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari tiga prodi tersebut. Acara diselenggarakan secara onsite dan online. Untuk peserta yaitu ibu-ibu dari Tenun E-Boon menghadiri secara langsung di kampus Binus Northumbria Jl. Hang Lekir I no 6 Senayan, Jakarta Pusat.

Para dosen, mahasiswa, dan peserta acara

Sumber: Dok. pribadi

 

Tenun E-Boon dibangun oleh keluarga yang berasal dari Lombok sehingga kain tenun yang diproduksi merupakan khas dari daerah tersebut. Tenun E-Boon telah memiliki beberapa warehouse dan outlet di berbagai kota diantaranya warehouse di Bekasi, outlet di Mataram, Alun Alun Grand Indonesia, dan Plaza Senayan Jakarta. Workshop Tenun E-Boon sendiri terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya melakukan penjualan langsung di mall, Tenun E-Boon juga memilih media online seperti Zalora, Shopee Mall, Whatsapp, Instagram, dan website.

Informasi yang tertera pada Instagram Tenun E-Boon

Sumber: https://www.instagram.com/tenuneboon/

 

Untuk menambah wawasan mengenai peningkatan nilai produk, maka diperlukan materi storytelling. Salah satu bahan yang bisa dijadikan cerita adalah tentang warna dan maknanya. Oleh karena itu pengajar dari program studi Desain Komunikasi Visual menyampaikan materi mengenai Meaning of Colors in Fashion. 

Pembahasan materi dimulai dari perbedaan antara warna hangat dan dingin. Dari perbedaan ini terlihat efek yang ditimbulkan secara psikologis. Dilanjutkan penjelasan mengenai kaitan antara warna dan budaya. Dengan banyaknya budaya di Indonesia, warna memiliki artinya sendiri sesuai dengan daerahnya.

Pemaparan yang terakhir adalah warna dan trend yang dicontohkan melalui penciptaan makna untuk warna pada New York Fashion Week The Autumn/Winter 2022/2023. Pada acara kelas dunia ini tema yang diusung untuk pembahasan warna adalah Happy and Relaxed yang diperkenalkan pada audience dengan memperlihatkan warna-warna khas yang memiliki arti sesuai dengan fenomena yang terjadi. 

Semoga dengan adanya materi yang disampaikan oleh para pengajar khususnya dari prodi Desain Komunikasi Visual, Tenun E-Boon bisa menggali cerita secara tekstual dan visual dari kekayaan yang dimiliki produk dan menginformasikannya pada audience.





https://binus.ac.id/bandung/2022/04/pengabdian-pada-masyarakat-untuk-tenun-e-boon-oleh-ratna-amalia/



Older post Newer post

Your cart is currently empty.
Continue shopping